Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Apa Penyebab Sakit saat Liburan

July 6 2018 Published on #Sakit Saat Liburan

Tiap orang pasti mau memanfaatkan momen liburan untuk bersenang-bahagia. Tapi pernah nggak sih, kamu justru sakit dikala sedang liburan? Rasanya pasti betul-betul mengganggu. Nah, supaya liburanmu terasa menyenangkan, cari tahu yuk penyebab dan sistem mencegah sakit dikala liburan.

Pada umumnya, sakit dikala liburan disebabkan oleh kelelahan atau ketidaksiapan tubuh dalam menghadapi perubahan iklim, cuaca, atau perbedaan keadaan di tempat yang baru dengan tempat asalmu. Karenanya dari itu, persiapan yang matang betul-betul penting untuk dilaksanakan sebelum kamu pergi bertamasya, termasuk persiapan fisik.

Bila diamati dari sisi medis ataupun psikologis, sakit dikala liburan betul-betul wajar terjadi.  Penyebabnya betul-betul bermacam-macam dan mungkin tak kamu sadari, atau acap kali kamu abaikan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit dikala liburan antara lain:

Pola makan berubah

Makan makanan pada saat liburan yang tak lazim dikonsumsi sehari-hari dapat membuat metabolisme tubuh berubah. Apalagi dikala liburan kamu cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan yang tak sehat, seperti makanan pesat saji atau makanan yang tak higienis, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.

Leisure sickness

Ada orang yang jarang sakit di hari kerja yang penuh tekanan, tetapi justru sakit dikala liburan. Keadaan ini dikenal sebagai leisure sickness. Pada penderita leisure sickness, tekanan yang didapat di kantor justru memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh selalu terjaga hingga pekerjaan selesai. Tapi dikala liburan tiba dan tekanan ini sirna, keadaan fisiknya akan menurun dan sakit.

Terlalu banyak kegiatan

Ketika liburan, lebih - lebih libur hari raya agama, kebanyakan orang Indonesia akan  berkunjung ke rumah kerabat untuk bersilaturahmi. Kegiatan ini dapat menghabiskan banyak tenaga, apalagi jika kamu mudik atau berkunjung ke tempat kerabat yang tinggal di luar kota.

Jet lag

Bila kamu pulang liburan ke luar negeri yang area waktunya berbeda, jet lag dapat terasa betul-betul melelahkan dan dapat membuatmu jatuh sakit. Perbedaan waktu ini dapat berimbas pada jam tidur, sistem pencernaan dan pola membuang air besar, serta keadaan mental dan fisik secara lazim.

Berenang di kolam yang terkontaminasi

Berenang atau berendam di kolam yang airnya terkontaminasi dikala liburan, dapat membuat kamu terpapar bakteri tertentu. Kejadian ini dapat terjadi dikala kamu berenang di tempat lazim. Ketika terinfeksi bakteri, keadaan fisikmu akan menurun dan liburan dapat terganggu. Bila air terkontaminasi oleh bahan kimia tertentu, maka kamu juga dapat mengalami gejala iritasi kulit atau mata, hingga gejala keracunan jika tertelan, semisal muntah-muntah.

Stres memengaruhi sistem kekebalan tubuh

Stres, kurang minum, dan kurang tidur memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga membuatmu mudah sakit. Stres ini dapat bermula dikala kamu berupaya menyelesaikan pekerjaan sebelum libur, atau dapat juga terjadi dikala liburan.

Jadi dikala akan liburan, bukan hanya tiket atau barang-barang yang perlu disiapkan, ya. Kesehatan tubuh juga perlu diamati supaya seluruh yang sudah kamu siapkan tak sia-sia. Dengan persiapan yang matang, kamu tak perlu cemas akan mengalami sakit dikala liburan. Semoga liburanmu menyenangkan!

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post