Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

July 30 2018 Published on #Buang air besar

Konstipasi atau sembelit bisa terjadi pada semua orang, termasuk bagi Anda yang baru saja melahirkan. Sebetulnya, tak buang air besar sebagian hari sesudah melahirkan yaitu hal yang normal terjadi. Akan melainkan, sulit buang air besar sesudah melahirkan dalam waktu yang cukup lama tak bisa dianggap sepele.

Mungkin Anda berdaya upaya bahwa jahitan yang Anda miliki akan robek atau rusak, dikala Anda mengejan keras dikala buang air besar. Tapi jika Anda menunda untuk buang air besar usai melahirkan, hal hal yang demikian bisa menyebabkan problem di kemudian hari.

 

Untuk menyelesaikan problem sulit buang air besar sesudah melahirkan, karenanya ada sebagian hal yang wajib Anda lakukan, mencakup:

 

Bergerak

Anda direkomendasikan banyak bergerak untuk menyelesaikan sulit buang air besar sesudah melahirkan, karena banyak duduk atau terbaring dalam waktu lama bisa membuat risiko konstipasi lebih tinggi.

 

Konsumsi makanan berserat tinggi

Kecuali itu, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti gandum atau biji-bijian utuh, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran setiap hari. Jus apel dan anggur bisa meringankan sembelit, karena kedua buah ini kaya akan kandungan sorbitol, yaitu pencahar natural yang bisa menyelesaikan sulit buang air besar.

 

Minum air hangat

Minum air hangat juga bisa menyelesaikan problem sembelit. Anda bisa mencampurkan air hangat dengan perasan lemon, teh herbal, atau teh chamomile. Perbanyak minum air bisa membuat kotoran Anda menjadi lebih lunak dan lebih gampang dikeluarkan.

 

Hindari stres

Istirahat dan melakukan relaksasi sesudah melahirkan yaitu hal yang penting dijalankan. Stres dan rasa kuatir bisa menyebabkan lebih sulit untuk BAB.

Apabila sudah mencoba sebagian cara simpel di atas melainkan masih juga sulit buang air besar sesudah melahirkan, kemungkinan dokter akan memberikan obat pencahar untuk memudahkan pembuangan kotoran.

 

Susah buang air besar sesudah melahirkan umumnya bukanlah perkara yang serius. Tapi, kadang keluhan ini juga bisa menjadi petunjuk adanya gangguan yang perlu diwaspadai. Lantas konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami buang air besar berdarah, terdapat lendir atau bisul pada tinja, serta mengalami sembelit parah yang disertai nyeri perut yang hebat atau demam.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post