Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Bagian Tubuh yang Rentan Terinfeksi Bakteri dan Memunculkan Nanah

July 14 2018 Published on #Kesehatan Kulit

Nanah yang timbul di tubuh yaitu petunjuk adanya infeksi, yang lazimnya disebabkan oleh kuman. Tidak cuma di permukaan kulit, bernanah juga bisa terwujud di organ dalam, seperti saluran kemih, mulut, mata, otak, dan paru-paru. Simak bermacam penyebab munculnya bernanah di tubuh dan sistem penanganannya berikut ini!. Nanah bisa dikenali sebagai cairan kental berwarna putih kekuningan, terkadang berwarna hijau atau coklat dan beraroma tak enak. Cairan bernanah mengandung sel darah putih, kuman, dan jaringan tubuh yang mati.

 

Dalam kaidah medis, bernanah yang terwujud dan menumpuk di dekat jaringan tubuh disebut bernanah. Apabila bernanah berada pada atau di dekat permukaan kulit disebut pustul atau bernanah. Nanah juga bisa timbul pada organ tubuh bagian dalam, seperti tulang, otak, paru-paru, dan saluran pencernaan. Berikut sebagian anggota tubuh yang rentan terinfeksi kuman dan menyebabkan munculnya bernanah atau bernanah:

 

Kulit

Nanah atau bernanah yang timbul lazimnya dikarenakan oleh folikel rambut yang terinfeksi, atau disebut bernanah. Jerawat yang parah sebagai dampak dari penumpukan kulit mati, minyak, dan kuman juga bisa menyebabkan munculnya bernanah. Selain itu, luka terbuka pada kulit juga rentan kepada infeksi yang bisa memicu timbulnya bernanah.

 

Mulut

Kondisi mulut yang lembap dan hangat menjadi lingkungan hidup yang pas bagi kuman untuk tumbuh dan berkembang. Kuman ini kemudian bisa memunculkan bernanah gigi dan bernanah gusi saat gigi Anda retak atau berlubang.

 

Saluran kemih

Nanah pada saluran kemih lazimnya terjadi saat Anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK), semisal disebabkan oleh kuman Escherichia coli yang ada di usus besar masuk ke dalam saluran kemih dampak sistem membersihkan kelamin sesudah buang air besar yang salah (dari belakang ke depan). Saat itu terjadi, bernanah yang keluar beriringan dengan air kencing akan membikin air kencing kelihatan keruh.

 

Mata

Infeksi yang terjadi di mata sering kali ditemui pada keadaan mata merah dampak infeksi kuman. Saluran air mata yang tersumbat dan penimbunan kotoran di mata juga bisa memicu infeksi yang menciptakan munculnya bernanah di mata.

 

Paru-paru

Infeksi pada paru-paru bisa menyebabkan timbunan bernanah. Nanah bisa terkumpul pada lapisan selaput pelindung paru-paru (pleura) atau di jaringan paru itu sendiri. Nanah yang terkumpul pada lapisan pleura secara medis disebut empiema, sedangkan bernanah yang terwujud dan tertimbun pada jaringan paru disebut bernanah paru.

 

Otak

Infeksi otak bisa memunculkan terbentuknya bernanah di otak. Kondisi ini disebut bernanah otak, dan terjadi saat jaringan otak terserang oleh kuman atau jamur, yang kemudian menyebabkan reaksi peradangan yang menciptakan bernanah. Kuman atau jamur ini bisa masuk ke otak dari bagian tubuh lain, semisal rongga sinus melewati peredaran darah, atau pada saat terjadi luka di kepala karena cedera ataupun operasi.

 

Nanah yang terwujud karena infeksi lazimnya disertai dengan gejala lain. Misalnya pada infeksi atau bernanah yang terjadi di kulit, petunjuk yang bisa diperhatikan mencakup kulit yang memerah di sekitar bernanah, serta area bernanah yang kelihatan membengkak dan terasa sakit. Nanah yang terjadi di dalam tubuh atau disebut bernanah internal lazimnya menyebabkan gejala berupa demam, meriang, lemas, dan kelelahan. Gejala hal yang demikian mirip dengan gejala flu pada lazimnya.

 

Biasanya, bernanah yang disebabkan oleh infeksi ringan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun pada infeksi yang lebih serius, diperlukan perawatan medis, seperti pengeringan atau drainase bernanah dan pemberian obat antibiotik. Lantas konsultasikan ke dokter sekiranya munculnya bernanah atau bernanah di tubuh tak juga membaik sesudah sebagian hari.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post